Inilah Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan Dilihat dari Segi Kesehatan

By sulthan on Minggu, 05 Juni 2016


Inilah Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan Dilihat dari Segi Kesehatan

Dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda yang artinya:“bagi tiap -tiap sesuatu itu ada pembersihnya dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa” (HR Ibnu Majah)

1. Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat.
Guru biologi SMA saya pernah bilang bahwa pencernaan manusia itu membutuhkan waktu7-8 jam untuk memproses makananan yang di cernanya, jadi dalam kondisi tidak puasapencernaan seseorang akan bekerja terus menerus tanpa henti, jika kita dalam kondisi tidakpuasa maka bisa kita contohkan bahwa kita sarapan pada jam 7 pagi, dari hasil sarapantersebut sistem pencernaan kita akan selesai menyerap zat makanan tersebut selama 8 jamkedepan, jadi selama delapan jam tersebut sistem pencernaan kita akan bekerja terusmenerus.

Jika kita hitung, hasil dari sarapan yang jam 7 pagi itu akan selesai dicerna pada jam 3, padahal jam 1 siang kita sudah mengisi perut kita dengan makan siang, padahalsistem pencernaan kita belum selesai mencerna hasil makan sarapan tadi pagi, hal inimenyebabkankan sitem pencernaan kita bekerja keras kembali, belum lagi waktu makan siang hingga makan malam pada jam 7/8 malam. Maka beruntung bagi kita kaum musliminyang Allah berikan kepada kita 1 bulan khusus untuk memberikan waktu istirahat kepadasistem pencernaan (lambung usus besar, usus halus, dll) setelah 11 bulan bekerja terusmenerus. Karena lambung adalah gudang penyakit, banyak penyakit yang bermula darilambung atau pencernaan (obesitas, kolestrol, diabetes,dll).

2. Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan.
Dalam biologi hal ini dikenal sebagai AUTOLISIS. Apa itu autolisis? Autolisis adalah sistemotomatis pada tubuh yang memformat ulang kondisi tubuh ke kondisi ideal, atausederhananya autolisis adalah proses pengembalian kondisi tubuh ke kondisi ideal. Dimanakondisi tubuh dibersihkan kembali dari kotoran-kotoran, virus atau bakteri yang berada didalam tubuh manusia. Proses autolisis ini membuang sel-sel yang mati danmenggantikannya dengan sel-sel baru yang lebih bersih, disebutkan bahwa Jumlah sel yangmati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyakdaripada itu. Sehingga sel-sel pada organ-organ tubuh menjadi bersih kembali dan berfungsiseperti awal. Dan ternyata tidak hanya manusia yang membutuhkan proses autolisis,melainkan makhluk-makhluk lain pun selalu ber-autolisis dalam siklus kehidupannya.

Seperti:
  • Pohon berautolisis dengan menggugurkan daun
  • Beruang berpuasa selama musim dingin
  • Buaya berpuasa (aestivasi) selama musim panas
  • Ikan paus dan burung berpuasa ketika bermigrasi
  • Kuda, kucing, berpuasa ketika terserang penyakit hingga sembuh

Dengan puasa ini organ-organ di tubuh manusia ibarat mesin, organ-organ pencernaan tersebut dibersihkan, sehingga setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan Insya Allah kita menjadi sehat baik secara jasmani maupun secara rohani. Hal ini memang sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW dari hadits yang sudah disebutkan tadi dar Abu Hurairah, Rasulullah bersabda yang artinya :

"Bagi tiap-tiap sesuatu itu ada pembersihnya dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa" (HR. Ibnu Majah)

3. Menambah daya tahan pada tubuh
Karena dalam keadaan puasa tubuh kita mampu menambah jumlah sel darah putih (Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh.) dan meningkatkan daya tahan tubuh lebih banyak dibandingkan dengan kondisi saat tidak puasa. Pada minggu pertama puasa belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh(minggu kedua), penambahan sel darah putih pesat sekali, bahkan dalam kondisi puasa daya tahan pada tubuh manusia mampu meningkat 10 kali lipat dari kondisi tidak puasa.


4.Puasa akan mempersempit jalan peredaran darah dalam tubuh karena lapar dan dahaga.
Dengan demikian, hal itu akan dapat mempersempit jalan pula jalan setan di dalam tubuh,karena setan berjalan di dalam tubuh menurut peredaran darah

5.Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah.
Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, obesitas dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal.

6.Ilmuwan di bidang neurologi National Institute di Aging.
Dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa berpuasa, secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti lupa ingatan atau Parkinson (kekakuan otot). Hasil penelitiannya menunjukkan, bahwa berpuasa dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal, berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, dan sekaligus peremajaan sel-sel otak.

7. Puasa bermanfaat membuat kulit lebih segar, lebih kuat, lebih berseri, dan warna menjadilebih indah.
Dr. Muhammad Al-Dzawahiri, seorang guru besar bidang penyakit kulit di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo, menyatakan, "Korelasi antara makanan dengan penyakit-penyakit kulit itu sangat kuat. Sebab, menjaga diri dari makanan dan minuman dalam kurun waktu tertentu dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan darah. Hal ini dengan sendirinya menyebabkan pengurangan air dalam kulit. Ketika kadar air dalam kulit menurun itulah terjadi pula peningkatan kekebalan kulit terhadap segala jenis penyakit kulit yang menyiksa dan gangguan kulit akibat bakteri.

8.Menurunkan adrenalin
Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin.

9.Hikmah berpuasa pada kesehatan jantung
Ketika kita dalam kondisi berpuasa otomatis terjadi penurunan jumlah detak jantung. Hal iniberarti jantung dapat beristirahat dan menghemat separuh waktu kerja yang dilakukannyapada hari-hari biasa di luar puasa.

Setidaknya ada tiga manfaat penting puasa :
  • Puasa melawan tekanan-tekanan yang selalu mendera jantung.
  • Puasa memberikan kesempatan bagi jantung untuk beristirahat.
  • Puasa dapat mensterilkan darah. Dengan demikian, puasa memberikan kesempatan pada jantung untuk mengonsumsi darah bersi


Demikianlah sahabat tentang hikmah berpuasa di bulan ramadhan dilihat dari segi kesehatan.